Kamis, 03 April 2014

Pendakian Gn Cikuray , Garut - Jawa Barat

Hai ..perjalanan gue perdana  mendaki sendirian tanpa abang ke cikuray  . Gn Cikuray adalah gunung tertinggi di Kab Garut , Jabar. Ketinggian cikuray 2821 mdpl .
 Langsung aja ya gue cerita :

-Sabtu , 29 Maret 2014

Gue packing jam 2an , prepare buat nanti berangkat . Disaat gue udah rapi , mau berangkat mendadak ujan deres + geluduk gue ga jadi jalan . Ujan nya awet sampe malem , akhirnya sebelum maghrib gue mutusin buat berangkat ke kp rambutan . Di saat gue pamit sama mba desi , diizinin tapi begitu gue buka pintu tiba-tiba abang gue ngelarang gue dan gue disuruh masuk rumah lagi.Nah disini gue kan badmood ya -_- akhirnya setelah gue ngomong ini itu baru deh diizinin naik tapi dengan syarat kalo ini pendakian terakhir gue , dan baru boleh naik lagi setelah lulus. Oke deh gue terima syarat ini :"D . Akhirnya gue berangkat ke kp rambutan . Nyampe di kp rambutan jam 8an , kita makan malem dulu abis itu baru berangkat naik bis . Nahloh bis nya penuh banget , kita kebagian tepat duduk 4 doang itu pun gak nyaman dan cuma buat cewe nya aja , yang cowo berdiri dari kp rambutan sampe garut . Kasian ya-_-'" *ontheway*

-Minggu , 30 Maret 2014

Nyampe di alun-alun taronggong kota Garut . Naik angkot sampe ke warung ibu , disitu kita istirahat dulu sampe subuh .

Abis isho, kita otw ke pemancar naik mobil carry . Diperjalanan mau kepemancar , mobilnya mogok jadi terpaksa yang cowo turun buat ngedorong.hihi
Sambil nunggu ngedata mobil yang naik kita sempetin narsis dulu di kebun teh . hehe

Karena mobil ga kuat sampe pemancar akhirny kita turun semua , jalan kaki buat pemanasan sebentar biar ga kaku :v

Setelah sampe di pemancar , kita sarapan dulu abis itu baru
deh memulai pendakian .
Makan nya rame-rame gitu biar ada rasa kekeluargaan wkwk.
Abis makan , kita registrasi ke pos dulu abis itu siap memulai perjalanan ... Ini team kita ;
Atas : Bang Aan , Bang Rangga
Tengah : Bang Fatta , Yudis , Bang Lutfi , Ka Vikki , Ka Yeni , Bang Ipul , Benjo , Ka Laily , dan Bang Ibnu
Bawah : Bang Panji dan Anis 
Ini belum lengkap , karena udah ada 5 orang yang duluan berangkat jadi advend . Yaitu ; bang Zein , bang Bantel , Bang Adit , Lutfi dan Reza..

*trek cikuray mantep , menantang banget . Ga ada bonusnya , ajib deh*



Beberapa jam kemudian , karena kita lelah akhirnya kita istirahat dulu .

Istirahat selesai lanjut lagi jalan , pas di pos 3 tanjakan nya mantep banget serius deh . Buktinya celana gue sampe robek grgr tuh tanjakan tinggi -_-" ZzzZ disini gue udah bete nih , tapi untungnya ada orang lain yang ngasih gue jarum + benang buat ngejait . Celana gue dijait sama ka yeni , sementara celana gue dijait gue pake sarung dulu hft . 

                                                             
        
Oia pas disini kita udah mencar , ka laily , bang ibnu , benjo , sama bang panji masih ada di bawah kita karena nungguin ka lily dulu yang cape.. Ga berasa jalan , udah jam 1 aja akhirnya kita makan dulu di pinggiran bikin mie . Pas lagi makan , bang bantel sama bang zein dateng. Bang zein nyusul ka laily yang dibawah sedangkan kita sehabis makan ngelanjutin perjalanan.. Kita ngecamp di pos 5 , nyampe pos 5 kita langsung pasang tenda . Udah sore tiba-tiba ujan , kita masuk kedalem tenda . Maghrib solat , abis itu kita bikin makanan buat makan malem. Makanan mateng kita ngumpul disatu tempat , makan nasi goreng ala kadarnya yang nasi nya itu masih banyak mengandung karbohidrat :| , pas makan malem ini cuma gue doang yang anak sekolah . Si Yudis , Benjo , Lutfi , Reza ga ikut ngumpul . Mereka asik sendiri didalem tenda , tau deh lagi pada ngapain? hahaha.. Abis makan kita main TOD , satu persatu giliran dapet bagian tapi diantara kita ga ada yang milih Dare ya entahlah mungkin kalo milih dare takut disuruh yang aneh-aneh kan secara udah malem , gelap pula jadi ga jauh kita milihnya Truth aja biar di tanya , simple kan :D wks
*permainan dimulai,Pertanyaan demi pertanyaan terlontarkan dan terjawab. Ada aja pertanyaan yang bikin males dijawab tapi harus dijawab . Seru deh , kita ketawa mulu pas main ini*
Ga berasa udah jam setengah 10an , kita masuk tenda buat bobo unyu .. Tapi ada aja yang masih nyeruput kopi sambil curcol . *TIDUR*

-Senin , 31 Maret 2014

Udah jam 01.30an nih , niatnya mau jalan tapi ga jadi grgr masih ada yang tidur . Sambil nunggu mereka bangun , gue sama ka laily selfie dulu didalem tenda hehehe

Jam 02.20 mereka bangun , sambil ngumpulin nyawa kita bikin energen dulu biar perut ga kosong . Nyampe kekumpul semua , jam 3 baru deh ngetrek lagi buat ke summit . *Dijalan , gelap , dingin , masih ngantuk . cape* Sedikit demi sedikit summit udah keliatan , karena ngeliat awan yang bagus kita jadi semangat nih !  
Dari bawah kedengeran orang nyanyiin lagu "INDONESIA RAYA" wah nambah semangat . Tapi sayang begitu kita sampe keatas , upacaranya udah selesai . Ramenya summit waktu itu sampe susah buat nyari tempat untuk foto
Alhamdulillah baru kali ini dapet sunrise langsung

Subhannallah , maha suci allah yang udah ngasih kita keindahan kaya gini .
*Selama di summit , kita hunting dulu sampe jam 8an abis itu baru turun ke camp lagi*
Bendera PMR di cikuray

Ini lutfi , reza , anis , benjo dan yudis.

TIPS

Bendera Merah Putih di cikuray

Ini di shelter , karena gue kepengin akhirnya gue maksa naik. 

Udah jam 8 nih , twaktunya kembali ke tenda.. *TURUN*
Nyampe bawah sekitar jam setengah 10an , kita masak.Menu sarapan pagi ini cukup enak loh pake kering tempe , nugget , bakso.. Eh tapi sayang sebagian nasinya gosong jadi nasi yang gosongnya gak kemakan deh :v 
Abis sarapan , kita packing barang terus bongkar tenda dan selanjutnya opsih sampah.. Jam 11.20 kita turun . Sepanjang jalan semua baik-baik aja . Istirahat juga sebentar dan jarang . . Trek turun ternyata bikin dengkul sama engkel harus nahan lebih  ya ._.
Awalnya dari pos 5 sampe pos 1an semua lancar , kuat. Tapi apa yang dirasa mendadak dengkul gue sakit , pas turun gue mendadak jatoh dan ga kuat jalan lagi .Oia pas turun ini kita ngeliat cowo diangkat pake tandu loh karena kram . *Saat ini cuaca berkabut dan bbbbbbbrrrrrrr ujan turun deres men . Nah loh disini kondisi kaki bener" sakit ,awalnya gue ga mau digendong tapi karena udah dalam cuaca begini yasudahlah mau ga mau gue digendong :( . Pertama di gendong sama bang bantel tapi belum lama baru 4 langkah eh jatoh hft yaaaaa nambah sakit kaki gue -___________-" . Akhirnya bang rangga ngambil alih , dia langsung ngelepas carier nya dan guee langsung digendong sama dia. Ya allah disini ga enak banget , treknya makin licin . Ini susah buat dijalanin , sempet mau jatoh akhirnya gue turun dan gue merosot sedikit . Karena treknya belok-belok dan ga rata akhirnya gue nyoba diri dan jalan pelan. Tapi ga bisa lama , baru sebentar kaki sakit lagi. Sakit yang bener" sakit . Gue sampe nangis , gatau nangis karena kesakitan atau karena lainnya . Intinya gue terharu , gue cape , gue mau pulang ,  gue seneng semua jadi satu. Dari pos 1 sampe pos pemancar gue digendong dengan sedikit jalan kadang-kadang .Jam 5an kita sampe .  Nyampe bawah gue langsung dibawa masuk ke pos . Gue basah banget , langsung disuruh ganti baju. Carier gue masih sama orang diatas , jadinya gue dipinjemin jaket bang panji dan celana ka yeni . Yaa keadaan kaya gini bikin gue jadi bingung .Ujannya masih lanjut sampe maghrib , masih berkabut. Begitu gue udah sehatan gue gabung sama mereka lagi , dan saat gue udah gabung sama mereka , ka laily yang baru sampe dia juga down dan dibawa masuk ke pos. Pas gabung sama mereka gue  kaki diurut dulu sama bang rangga,engga tau apa yang bang rangga baca kaki gue sakit pas di pegang tapi jadi agak baikan , seengganya ga kaya pas tadi.
 *Maghrib* Gue dikasih teh anget sama mie kuah biar badan angetan , makin malem makin dingin . Anginnya kenceng banget , disini gue udah gemeteran + merem-merem mau tidur . Tapi gue ga bisa tidur karena diajak ngobrol , katanya kalo lagi keadaan dingin+gemeteran kalo tidur nanti malah bahaya. Yaudah akhirnya gue nyoba gerak-gerak ajaa. Foto-foto kesana-kesini :

*FOTO NYA BELUM ADA,masih ada dikameranya BENJO*


Oia ini udah isya , disaat gue udah membaik tiba-tiba ka yeni malah diem aja . Dia kedinginan banget , diajak ngobrol ga ngejawab . Kaya semacem orang hypo gitu karena takut lebih parah akhirnya ka yeni dibawa masuk juga ke pos dan ka vikki pun ikut nemenin. Gue cewe sendirian nih , daripada ga ada kerjaan ya gue sebagai ucapan terima kasih gue  mijetin balik bang rangga ya biar pegelnya dia abis ngegendong gue sedikit ilang :"D
Karena nunggu mobil yang belum dateng akhirnya kita bikin tenda buat istirahat , seengganya biar ga terlalu kena angin. Kita masuk kedalem tenda , empet-empetan biar anget. Disini kita ngobrol" , makan mie dan nyeruput kopi + teh..Udah ga ada pembicaraan kita ketiduran ditenda , efek kecapean hahaha.. Lumayan tidur setengah jam'an ada. Udah jam 10an nih , akhirnya mobil udah ada. Dan kita langsung masuk kedalem mobil *TIDUR* Ga berasa udah di kaki gunung , eh pas nyampe bawah mobilnya ga bisa sampe terminal . Kita jadi dipindahin ke truk , tadinya gue mau duduk dibelakang tapi karena kaki masih sakit jadinya gue duduk didepan deh.
*ontheway,sepanjang jalan tidur*


- Selasa , 01 April 2014                                                                     Jam 2an nyampe di terminal Guntur , Garut . Karena udah jam segini bis udah gak ada. Bis baru ada sekitar subuh , yaudah sambil nunggu subuh kita istirahat dulu diterminal . Ada yang di mushola , ada yang makan dan ada yang diem di tempat... Jam 4an lah ada tuh bis primajasa, yaudah kita langsung aja naik.. 
*Perjalanan*  
Karena hari pertama masuk kerja lagi , jadinya agak macet . Maklum deh ya ibukota (=|
Nyampe di terminal Kp Rambutan jam 9 pagi , pas udah nyampe yaudah kita pamit satu sama lain dan akhirnyaa pulang kerumah masing-masing.. Gue sendiri nyampe rumah depok jam 10 tapi entah lah dengan yang lain . Untungnya disini posisi gue lagi maulid jadi gapapa juga kalo ga masuk . Hehehe Tapi kalo yang lain ada yang kerja masuk siang dan malem , dan ada juga yang meliburkan diri .
Oke Intinya ini seru banget , ini pengalam yang paling berkesan . Ini perjalanan yang penuh pelajaran .
Setiap langkah dan senyuman mengandung makna tersendiri Makasih banyak buat mereka yang udah setia , ngebantu , dan saling menjaga satu sama lain .
Seneng bisa kenal mereka , semoga perkenalan ini bisa sampe seterusnya sampe gue dewasa nanti . Semoga bisa ngetrip bareng mereka lagi , mereka orang-orang hebat semuaaaaaaaaaaaa . Dari mereka gue pun belajar secara ga langsung 
THANK YOU SO MUCH ♡