Selasa, 03 Juni 2014

SURVIVAL

Tes 123 ... Setelah hampir ngebaca dan mencari tau tentang "SURVIVAL" akhirnya sekarang gue agak dikit2 ngerti nih ya walaupun belum dipraktekin gitu deh eheh , jadi .....
SURVIVAL itu adalah berusaha mempertahankan hidup di alam bebas dari hambatan alam sebelum mendapat pertolongan . Survival terjadi karena adanya kondisi darurat yang sulit diprediksi seperti karena kecelakaan , gangguan alam ataupun kondisi lainnya. Nah setiap huruf dari kata "SURVIVAL" itu pun mempunyai arti dan makna tersendiri loh , diantaranya ;
S : Size up sitiation (Sadar dalam kondisi)
U :  Undue haste makes waste (Jangan terburu-buru , tenang , berfikir dan bertindak bijaksana.Setiap langkah harus difikirkan mendalam)
R : Remember where you are (Ingat dimana kamu berada , dan pengenalan dengan lingkungan supaya memberikan rasa aman)
V : Vanquish fear and panic (Kuasai rasa takut dan panik ,jangan putus asa)
I : Improvice (Mengisi waktu yang ada dengan kegiatan2 yang ditujukan pada usaha mengatasi kondisi survival)
V : Value Living (Hargai Hidup)
A : Act like the natives (Belajar dari penduduk setempat dan bersikaplah ramah)
L : Learn basic skill (belajar dan Berlatih teknik2 dasar)

Terus kalo kalian lagi dalam keadaan SURVIVAL kalian harus STOP !
S : Stop and seating (Berhenti dan duduklah)
T : Thingking (Berfikirlah)
O : Observe (Amati Lingkungan Sekitar)
P : Planing (Membuat rencana apa yang akan dilakukan)

Aspek-aspek yang muncul pada saat keadaan survival di golongkan menjadi 3 , yaitu :

1.Psikologis ; Panik,takut,cemas,kesepian,bingung,tertekan,bosan.
2.Fisiologis ; Sakit,lapar,haus,lelah,lemas,lunglai,pusing.
3.Lingkungan ; Panas,dingin,hujan,kering,vegetasi,fauna dll.

Ketiga aspek ini saling berkaitan dan mempengaruhi.Aspek lingkungan dan fisiologis dapat mempengaruhi aspek psikologis manusia.Aspek psikologis dan fisiologis pun akan muncul dalam diri kita sendiri sedang aspek lingkungan merupakan interaksi diri kita dengan lingkungan sekitar.

Modal Dasar Dalam Menghadapi Survival

Dalam beberapa kasus survival ada beberapa kesamaan yang dapat mempengaruhi keberhasilan dalam mengatasi kondisi ini.Tentu saja selain pertolongan ALLAH atau nasib baik,ada tiga hal yang dapat digunakan untuk mengatasi kondisi SURVIVAL , antara lain adalah :

1. Semangat untuk dapat bertahan hidup.
Dengan semangat , kita mendapat kekuatan yang berlebih untuk dapat mengatasi kondisi ini. Keyakinan yang kuat untuk mempertahankan hidup merupakan modal dasar yang penting dan dapat mempengaruhi modal dasar yang lainnya.
2.Kesiapan Diri
Artinya disini adalah orang yang mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang dapat mengantisipasi bahaya2 survival.Misalnya dengan navigasi darat , p3k , tali temoli , ilmu survival , iklim , dan penaksiran dll.
3.Alat Pendukung
Jumlah dan jenis peralatan yang kita punya juga dapat mempengaruhi keberhasilan dalam survival.Survival tanpa peralatan apa-apa dengan survival yag memiliki peralatan tentunya berbeda. Pada kasus survival sebuah pisau/kapak jauh berharga bila dibandingkan dengan emas. Karena dengan peralatan yang kita punya kita bisa lebih mengantisipasi kondisi yang bisa jadi jauh berbahaya dibandingkan dengan kita tidak mempunyai alat ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar